UKT-71 PD ITB

Home / Artikel / UKT-71 PD ITB

Bicara tentang unit olahraga khususnya Perisai Diri di ITB, belum lengkap rasanya jika belum ada kontribusi secara nyata untuk masuk kedalamnya. Nah, salah satu bentuk nyatanya yaitu dengan mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam mempelajari teknik-teknik silat selama latihan sekaligus menunjukkan konsistensi sebagai anggota dari PD ITB (tidak bermaksud menyinggung yang belum ikut UKT lo ya, :9).

Suatu pengalaman yang sangat luar biasa ketika kami diberi kesempatan megikuti ajang tersebut. Khususnya bagi angkatan PD ITB 2011 yang notabene banyak peminat baru dan masih ‘ijo’ dalam menekuni cabang beladiri ini, terkecuali dengan teman-teman yang sebelumnya pernah mengikuti PD 🙂
Tapi hal tersebut tidak menjadi masalah, yang penting disini adalah menunjukkan semangat, mengikuti latihan dengan intensif agar saat UKT nanti kami dapat LULUS dengan baik dan menyandang tingkatan yang selanjutnya (namanya juga ujian kenaikan tingkat :p)

Setelah kami melewati serangkaian latihan yang cukup menyibukkan, akhirnya pada tanggal 27 November 2011, kami bersebelas yaitu Adi, Ihsan, Syariful, Franky, Amri, Rusdi, Dana, Lily, Icha, mas Habibi, mas Imron, dengan didampingi Mba Tarita berangkat mengikuti UKT ke 71 yang diselenggarakan di SMK Bina Warga.

apel pagi UKT 71 di SMK Bina Warga
apel pagi UKT 71 di SMK Bina Warga

Sesampainya di sana kami langsung bersiap untuk pemanasan dan upacara pembukaan. Dengan peserta yang cukup banyak, 139 orang dari tingkatan dasar I hingga strip hijau. Walaupun dengan semakin tinggi tingkatan semakin sedikit pesertanya, hehe
Dari ITB sendiri ada 8 orang dasar I yang naik tingkat, satu orang dasar II, satu strip putih, dan satu strip putih hijau. Untuk pelaksanaan UKT sendiri teknisnya ada beberapa bagian, contohnya untuk dasar I adalah dikte, rangkaian teknik berpasangan (yang materinya sudah dihafal :D), serang hindar, solo spell, dan pastinya tes fisik-push up, sit up, dkk-yang sangat menguras tenaga. –”
Untuk tingkatan yang lebih tinggi biasanya ditambah beberapa materi lagi, misalnya beladiri dan solo spell teknik asli mulai tingkatan cakel ke atas.

Setelah melalui hampir 9 jam yang melelahkan dari pukul 7 pagi hingga 3 sore, akhirnya kami menyelesaikan UKT dengan hasil yang sangat menggembirakan, kami semua lulus, dengan satu orang yang mendapat gelar peserta terbaik untuk tingkat dasar I. (Alhamdulillah, :D)

foto bareng tim UKT dari PD dengan Kang nurzaman pendekar Bandung
foto bareng tim UKT dari PD dengan Kang nurzaman pendekar Bandung
dimandiin lagi.. oops, masuk gentong...

Sangat banyak kesan dan pengalaman yang kami dapatkan setelah UKT ke 71 ini. Terutama bagi yang baru pertama kali mengikutinya, hhe. Bertemu dengan teman-teman dari ranting PD yang lain, pelatih-pelatih hebat, dan tentunya para pendekar yang sangat menginspirasi.
Kami bangga bisa mencapai tingkat yang lebih tinggi, yang InsyaAllah sepadan dengan usaha kami, latihan dengan keras dan pantang menyerah. Yang namanya pohon semakin tinggi akan semakin besar angin yang menerpanya, maka kami sadar bahwa ada tanggung jawab yang lebih besar ketika kami berada di tingkat yang lebih tinggi ini. Bagaimana kami menggunakan dan mengimplementasikan ilmu yang sudah kami dapat dengan arif dan bijaksana. Harapan untuk kedepannya, semoga kami masih bisa berjuang lebih keras lagi untuk terus naik dan naik, mengembangkan ilmu silat Perisai Diri. Untuk teman-teman yang belum berkesempatan mengikuti UKT kemarin, ayo kita rebut predikat peserta terbaik tiap tingkatan di UKT-UKT selanjutnya (kalo ada, hehe).

Salam bunga sepasang! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image